Kewirausahan Berbasis Teknologi ITI

Kamis, 15 Mei 2014

Penerapan Teknologi


Berdasarkan penelitian kami, maka kami menyimpulkan dibutuhkan pemanfaatan teknologi lebih lanjut terhadap produk tempe dan limbahnya. Hal ini dikarenakan pada pengelolahan industri tempe ini ternyata sudah menggunakan teknologi pada mesin penggiling kedelai, mesin ini digunakan untuk memisahkan kulit dan biji kedelai.
Tujuan dari pemanfaatan teknologi terhadap produk dan limbah tempe adalah untuk meningkatkan nilai jual tempe dan menambah keuntungan ekonomi bagi pengusaha tempe.
Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan teknologi terhadap produk tempe dan limbah tempe :
1.      Pemanfaatan teknologi pangan terhadap produk tempe
a.       Sosis tempe
 




 




b.      Burger tempe
c.       Nugget tempe
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcOCxgmt2okWdF9jK4tv_d-OYmPD_iiFTKe4UmwKpQ2sHiqlsts8KrrEWNUG6-jmnx71ioEwD8ptIq8-aE6bdI6Ikoc-SgjnZy9dL4IicDqMAa-JhX4CjS_hqijS4DErsBTdide-H-8A/s1600/nugget2.jpg
2.      Pemanfaatan limbah tempe kering (kulit kedelai) untuk menjadi pelet ternak


 
3.      Pemanfaatan limbah tempe basah (air pengelolahan tempe) untuk menjadi Nata De Soya
Dari beberapa pemanfaatan teknologi diatas, kami memilih pemanfaatan teknologi pangan terhadap produk tempe berupa sosis tempe. Hal ini dikarenakan sosis tempe merupakan inovasi tempe yang dapat meningkatkan nilai jual tempe itu sendiri dan memberi keuntungan bagi pengusaha tempe. Sedangkan untuk limbah tempe kering hanyalah sedikit dalam sekali produksi dan limbah tempe basah menurut penelitian kami kuranglah higenis pada proses pengelolahan tempenya.
Berikut langkah-langkah membuat sosis tempe :

Namun dalam pembuatan sosis tempe ini diperlukan alat atau mesin agar memudahkan para pengusaha membuat sosis tempe. Dalam pengelolahan sosis tempe ini diperlukan mesin penggiling tempe dan pencampur bahan sosis tempe dan mesin pencetak sosis tempe.

0 komentar:

Posting Komentar

Blok Tempe Buaran Indah Tangerang

Blok Tempe Buaran Indah Tangerang
 
;